Samsung diduga telah menghabiskan dana sebesar 14 Juta USD (164,5
Milyar Rupiah) untuk marketing tahun ini, seperti yang disampaikan
Reuters. Raksasa Korea ini berhasil menggeser manufaktur pesaing yang
terkadang memiliki produk lebih baik namun tetap tidak bisa melebihi
marketing yang dilakukan Samsung. Oleh karena itu budget marketing
Samsung membengkak hingga tiga kali lipat dari tahun lalu.
Meskipun berani mengeluarkan banyak dana untuk marketing namun
tingkat kefesiensinya dianggap rendah. Seperti yang dikatakan Oh
Jung-suk, seorang professor di Seoul National University, bahwa Samsung
gagal
untuk menjembatani efisiensi antara aspirasi dan bagaimana
konsumen menanggapi kampanye tersebut.
Budget marketing Samsung ini memakan 5,4% dari total pendapatan yang
diterima. Sebagai perbandingan, musuh utama Samsung, Apple, hanya
mengeluarkan dana marketing sebesar 0,6% dari total pendapatan yang
diterima.
sumber yahoo.com
No comments:
Post a Comment